GPGN Selayang Pandang

Griya Pastoral Giri Nugraha adalah proyek provinsi SCJ Indonesia yang dikoordinir oleh P. Paulus Harnasa Purba, SCJ. GPGN diharapkan bisa menjadi sebuah oase rohani bagi umat di Keuskupan Agung Palembang khususnya, dan umat beriman pada umumnya.Pusat pastoral ini terbentuk berkat amanat dari kapitel SCJ Provinsi Indonesia mengingat bahwa para pelayan dan petugas pastoral baik kongregasi maupun keuskupan membutuhkan pendampingan dan enrichment di bidang karya pastoral. Dengan demikian GPGN diharapkan bisa menjadi: 1. Pusat data (perpustakaan dokumen), 2. Griya Refleksi (Litbang, belajar bersama, diskusi bagi mereka yang berkopenten tentang pastoral, tempat studi), 3. Griya Pendampingan (seminar, pelatihan, workshop, pengenalan dokumen-dokumen, sharing pastoral)

VISI MISI

Visi GPGN adalah “Oves Meas Pascam in Iudicio” meruapakan kutipan dari kitab Yehezkiel 34:16 yang artinya ” Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya “. Sebagaimana tugas utama Gereja Umat Allah adalah “Pastoral”, maka GPGN ingin memberikan sumbangan bagi Gereja Lokal untuk memberikan bentk-bentuk pendampingan dan pelatihan berpastoral “sebagaimana seharusnya”. Oleh karena itu GPGN telah menyusun Visi dan Misi supaya menjadi orase rohani yang dibutuhkan dan menjadi berkat bagi Gereja Lokal.

Misi: Mendasari semua langkah pelayanan pelayanan dan kepemimpinan pastoral dengan nilai-nilai spiritualitas dan dengan instrumen-instrumen praktis yang sesuai.

Nota Bene:

“Nilai-Nilai Spiritualitas”: merujuk kepada nilai-nilai spiritualitas Gereja secara umum (yang termuat dalam dokumen-dokumen Gereja yang telah ada dan yang akan terus dipublikasikan oleh Vatikan) dan merujuk kepada nilai spiritualitas Dehonian.

“Instrumen-instrumen”: merujuk kepada hasil studi pastoral dan praksis pastoral dalam banyak bidang yang sebenarnya telah kita lakukan (misalnya pastoral data, pastoral pendampingan keluarga, pastoral perkawinan, pastoral kaum muda, pastoral ‘dehonian’, pastoral pendidikan umum, formatio, sosial, dll)

Pemilihan Nama: Griya Pastoral Giri Nugraga

Griya: berarti tempat / sentra untuk belajar bersama, pengajaran, berlatih, berefleksi, san lainnya.

Pastoral: kata “Pastoral” merujuk kepada tugas utama Gereja Umat Allah sebagai visi maupun misi Gereja. Cakupan kata “PASTORAL” tentu saja akan seluas kehidupan Gereja itu sendiri.

Giri Nugraha: nama ini merujuk pada sebuah nama tempat (Rumah Retret Giri Nugraha) yang menjadi tempat GPGN berada dan bekerja sama dengan TIM RRGN. Nama ini telah terlebih dahulu menjadi brand secara umum dan lebih terbuka untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *